Print Friendly Version of this page Print this Article Print Friendly Version of this page


Mungkin kamu pernah iseng-iseng main tebak-tebakan. Ayam atau telur yang lebih dahulu ada? Ini adalah tebak-tebakan yang sudah lama dikenal, tetapi jawabannya susah ditebak. Jika kita menjawab ayamlah yang pertama, tidak akan ada ayam tanpa telur. Demikian juga sebaliknya. Sampai kapan pun kita tidak akan menemukan jawaban yang pasti.

Namun, berkat ilmu pengetahuan sekarang ini, ditemukan jawaban yang masuk akal. Jawaban pasti yang tidak bisa dibantah lagi bahwa antara ayam dan telur, ayamlah yang lebih dahulu ada. Dengan kata lain, ayamlah yang menyebabkan adanya telur. Para peneliti menemukan bahwa pembentukan kulit telur bergantung pada satu protein yang hanya bisa ditemukan dalam indung telur ayam. Artinya, telur hanya bisa ada jika berada dalam tubuh ayam.

Protein yang disebut dengan ovocledidin 17 atau OC-17 bertindak sebagai katalis untuk mempercepat pembentukan kulit telur tersebut, yaitu cangkang bagian luar yang keras yang bertindak sebagai pelindung bagi kuning dan putih telur.
Sang ilmuwan, Prof Colin Freeman dan Prof John Hardling menegaskan selama ini orang mengira bahwa telur lebih dahulu ada daripada ayam, tetapi sekarang terbukti secara ilmiah. Ternyata, ayamlah yang lebih dahulu ada sebelum telur.

Protein yang ada di dalam tubuh ayam mampu mengendalikan proses pembentukan cangkang telur yang kemudian menjadi telur. "Memahami cara ayam membuat telur dapat memberi petunjuk menuju rancangan maupun bahan baru," kata John Hardling. Alam telah menemukan jalan keluar baru untuk semua jenis masalah dalam ilmu tentang materi dan teknologi. Kita belajar banyak dari alam. Nah, mudah-mudahan dengan adanya pembuktian melalui penelitian tersebut, tidak akan ada debat lagi tentang "ayam atau telur yang lebih dahulu ada".


Jika Anda menyukai Artikel di blog ini. Silahkan klik disini atau masukkan email anda pada kolom di bawah untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Mahogra Fauzan.

reader



Anda baru saja membaca artikel "Ayam atau Telur yang Lebih Dulu Ada?". Bagi sobat yang mau copas harap Cantumkan http://mahografauzan.blogspot.com/2013/08/ayam-atau-telur-yang-lebih-dulu-ada.html sebagai Sumbernya, karena sebagai blogger yang baik tentu anda mengerti tata aturannya!
Hak Cipta di lindungi oleh Google, Copyscape, dan DMCA. Bagi siapapun yang copy paste tanpa mencantumkan SUMBERnya, akan saya laporkan ke DMCA Takedown.

Sekian Ayam atau Telur yang Lebih Dulu Ada? dari http://mahografauzan.blogspot.com
Semoga Bermanfaat bagi anda dan jangan lupa untuk meninggalkan jejak berupa komentar ✉.
Terima Kasih ^_^

Post a Comment Blogger Disqus

  1. Oh jadi ayam lebih dulu ada nih :D

    Good info.

    ReplyDelete
  2. Yg pasti ayam penyet makanan favorit saya.

    ReplyDelete
  3. Wallahu 'alam.. ^_^
    Hanya Dia lah yang maha tahu..
    Secanggih-canggihnya teknologi bahkan sepintar-pintarnya manusia di Bumi..

    ReplyDelete
  4. kalo gue sih duluan ayam lah.

    back yah

    ReplyDelete
  5. "Tuhan menciptakan makhluknya dgn berbagai bentuk dan jenisnya" so, duluan ayam dong. telur mah salah satu hasil reproduksi ayam :)

    ReplyDelete

 
Top