Print Friendly Version of this page Print this Article Print Friendly Version of this page


Kalian pasti tahu dong benda kecil yang bernama peniti? Benda kecil dari logam tersebut biasa digunakan sebagai pengait, pengganti kancing, dll. Peniti yang berukuran mungil itu memiliki manfaat yang sangat besar. Contohnya, jika kancing baju seragam kamu lepas dan kamu harus segera pergi ke sekolah, sementara ibu kamu belum sempat memasangkan kancing baru, peniti bisa dipakai sebagai gantinya. Mudah, kan?
Sebenarnya peniti telah dikenal sejak 14 abad Sebelum Masehi. Waktu itu namanya fibulae. Sayang, penggunaannya tidak aman karena ujungnya terbuka hingga bisa melukai pemakainya. Untunglah, sekitar tahun 1849 ada seorang yang bernama Walter Hunt dari Winchester, Amerika Serikat berhasil menemukan bentuk yang baru yang lebih aman dan nyaman dipakai.

Walter Hunt menciptakan peniti secara tidak sengaja. Peniti tercipta di tempat kerjanya saat ia sedang menggulung kabel. Kemudian ia mematenkan hasil ciptaannya pada 10 April 1849 agar tidak ada orang lain yang meniru ciptaannya. Namun, dikemudian hari hak paten itu dijual dengan harga 400 dolar. Di beberapa wilayah di Indonesia seperti di Bali dan Jawa, peniti dijadikan sebagai simbol kebudayaan. Peniti selalu dihubungkan dengan perempuan, karena merekalah yang biasa menggunakannya untuk mengaitkan kebaya atau kemben.

Tampilan peniti terus berkembang. Kini kalian bisa melihat peniti dengan aneka hiasan. Biasanya kita menyebutnya bros, dipakai sebagai hiasan pada pakaian. Warnanya pun bermacam-macam dengan bentuk yang sangat menarik. Walter Hunt meninggal dunia pada tanggal 8 Juni 1959 karena sakit. Jasadnya dikuburkan di Green Wood, New York. Dia pasti takkan pernah menduga karyanya itu kini menghasilkan miliaran dolar.



Jika Anda menyukai Artikel di blog ini. Silahkan klik disini atau masukkan email anda pada kolom di bawah untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Mahogra Fauzan.

reader



Anda baru saja membaca artikel "Asal Usul Peniti". Bagi sobat yang mau copas harap Cantumkan http://mahografauzan.blogspot.com/2013/08/asal-usul-peniti.html sebagai Sumbernya, karena sebagai blogger yang baik tentu anda mengerti tata aturannya!
Hak Cipta di lindungi oleh Google, Copyscape, dan DMCA. Bagi siapapun yang copy paste tanpa mencantumkan SUMBERnya, akan saya laporkan ke DMCA Takedown.

Sekian Asal Usul Peniti dari http://mahografauzan.blogspot.com
Semoga Bermanfaat bagi anda dan jangan lupa untuk meninggalkan jejak berupa komentar ✉.
Terima Kasih ^_^

Post a Comment Blogger Disqus

  1. Ternyata Peniti juga ada Sejarahnya ya :)

    ReplyDelete
  2. hehe ternyata ada benernya juga kutipan yang, semuanya itu pasti ada sejarah di belakangnya :D nice post bang!

    ReplyDelete
  3. Seru banget pas baca tentang penemuan2 yang bermanfaat banget bagi kehidupan kita.
    Ehm, keknya itu salah tulis tahun kematian Walter Hunt ya...

    ReplyDelete

 
Top