Print Friendly Version of this page Print this Article Print Friendly Version of this page


Pada bulan Agustus tahun ini, Indonesia memasuki ke-68, dan seperti biasa diadakan kegiatan upacara bendera di berbagai wilayah di Tanah Air termasuk di Istana Negara. Namun, adakah yang tahu cerita awal tentang Bendera Pusaka Indonesia yang asli?

Fatmawati, istri dari Ir. Soekarno adalah orang yang membantu menjahitkan bendera merah putih, yang cikal-bakalnya bermula dari gagasan panji kebesaran Majapahit. Sebelum tanggal 16 Agustus 1945, Fatmawati sudah menyelesaikan sebuah bendera merah putih. Namun, ketika diperlihatkan kepada beberapa orang, banyak yang menilai bahwa bendera buatannya itu terlalu kecil karena memang panjang bendera tersebut hanya 50 cm.
Fatmawati pun berpikir untuk membuat bendera merah putih yang baru dan juga lebih besar dari sebelumnya. Malam itu juga, setelah sampai di rumah, Fatmawati membuka lemari pakainnya dan ia menemukan selembar kain putih bersih dan lebar bahan seprai, tetapi sayangnya ia tak menemukan selembar pun kain merah. Dan beruntung ketika itu, ada seorang pemuda bernama Lukas Kastaryo yang tengah berada di kediaman Ir. Soekarno

Seperti yang dipaparkan oleh Lukas Kastaryo dalam majalah Intisari edisi Agustus 1991, ia lantas berkeliling untuk mencari kain berwarna merah, dan akhirnya ia menemukan kain yang tengah dipergunakan sebagai tenda sebuah warung soto. Lalu ia menebus kain itu dengan harga yang cukup mahal kala itu yaitu 500 sen dan menyerahkan kain itu kepada Fatmawati. Akhirnya Fatmawati menyelesaikan bendera tersebut malam itu juga. Dengan ukuran yang lebih besar, 276x200 cm, bendera itu dikibarkan tepat pada upacara Proklamasi di jalan Pegangsaan Timur 56, Jakarta yang merupakan kediaman Ir. Soekarno pada tanggal 17 Agustus 1945 oleh Paskibraka yang dipimpin ole Kapten Latief Hendradiningrat.


Jika Anda menyukai Artikel di blog ini. Silahkan klik disini atau masukkan email anda pada kolom di bawah untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Mahogra Fauzan.

reader



Anda baru saja membaca artikel "Sejarah Bendera Pusaka". Bagi sobat yang mau copas harap Cantumkan http://mahografauzan.blogspot.com/2013/08/sejarah-bendera-pusaka.html sebagai Sumbernya, karena sebagai blogger yang baik tentu anda mengerti tata aturannya!
Hak Cipta di lindungi oleh Google, Copyscape, dan DMCA. Bagi siapapun yang copy paste tanpa mencantumkan SUMBERnya, akan saya laporkan ke DMCA Takedown.

Sekian Sejarah Bendera Pusaka dari http://mahografauzan.blogspot.com
Semoga Bermanfaat bagi anda dan jangan lupa untuk meninggalkan jejak berupa komentar ✉.
Terima Kasih ^_^

Post a Comment Blogger Disqus

 
Top