Print Friendly Version of this page Print this Article Print Friendly Version of this page


Colosseum adalah sebuah peninggalan bersejarah berupa arena gladiator, dibangun oleh Vespasian. Nama Colosseum di ambil dari nama patung Colossus. Patung tersebut tingginya 130 kaki atau 40 m. Patung Colossus tersebut dibangun sebagai pencitraan dari Sol, Dewa Matahari. Namun, patung tersebut telah hilang. Para ahli sejarah mengatakan bahwa patung itu telah dileburkan untuk digunakan kembali.

Colosseum dibangun sebagai arena gladiator. Tempat pertunjukan ini berbentuk elips yang disebut amfiteater atau Flavian Amfiteater karena Colosseum dibangun oleh Wali Kota Vespasian pada masa Dominitianus. Bangunan ini diselesaikan oleh anaknya bernama Titus dan dapat menampung 50.000 penonton. Jika di bandingkan dengan zaman sekarang, Colosseum sama dengan stadion sepak bola.

Ukuran bangunan Colosseum:

  • Tinggi: 48 m
  • Panjang: 188 m
  • Lebar: 156 m
  • Luas: 2,5 hektare


Colosseum terlihat begitu besar dan luas. Bentuk elips dipilih agar para pemain gladiator tidak lari atau kabur menuju sudut lapangan. Selain itu, bentuk elips juga bermanfaat agar penonton bisa lebih leluasa menonton arena pertunjukkan. Colosseum didirikan berdekatan dengan istana megah Domus Aurea. Istana tersebut dibangun oleh Nero sesudah kebakaran besar di Roma pada tahun 64 M.

Download Colosseum yang Menakjubkan

Post a Comment Disqus Blogger

 
Top