Print Friendly Version of this page Print this Article Print Friendly Version of this page

Keluarga merupakan suatu lembaga sosial yang paling besar peranannya bagi kesejahteraan dan kelestarian anggota-anggota, terutama anak-anak. Keluarga merupakan lingkungan sosial yang terpenting bagi perkembangan dan pembentukan pribadi anak keluarga merupakan wadah tempat bimbingan dan latihan anak selama kehidupan mereka. Diharapkan dari keluargalah seseorang dapat menempuh kehidupannya dengan matang.

Berbicara mengenai pendidikan anak, paling besar pengaruhnya adalah Ibu. Walau tentunya keikutsertaan bapak tidak dapat diabaikan begitu saja. Ibu memainkan peran yang penting dalam mendidik anak-anaknya, terutama masa balita. Pendidikan dalam keluarga disini meliputi pendidikan iman, moral, fisik/jasmani, intelektual,piskologis, dan sosial. Peranan ibu dibedakan menjadi tiga, yaitu :

  1. Ibu sebagai pemenuh kebutuhan anak.
  2. Ibu sebagai suri tauladan bagi anak.
  3. Ibu sebagai pemberi motivasi bagi kelangsungan hidup anak.


Peranan ibu sebagai pemenuh kebutuhan anak.

Ini sangat penting terutama ketika dalam ketergantungan total terhadap ibunya, yakni antara usia 0 - 5 tahun. Kemudian tetap berlangsung sampai periode anak sekolah, bahkan menjelang dewasa. Ibu perlu menyediakan waktu bukan untuk selalu bersama, tapi juga berinteraksi maupun berkomunikasi secara terbuka dan timbal balik dengan anaknya.

Seorang ibu harus memberikan atau memuaskan kebutuhan anak secara wajar dan bertangung jawab, tidak berlebihan maupun tak kurang. Penuhan kebutuhan anak secara berlebihan atau kurang akan menimbulkan pribadi yang kurang sehat dimasa yang akan datang. Dalam memenuhi kebutuhan psikis anak, seorang ibu harus mampu menciptakan situasi yang aman bagi putra-putrinya. Ibu diharapkan dapat membantu anak apabila mereka menemui kesulitan-kesulitan. Perasaan aman anak yang diperoleh dari rumah akan dibawa keluar rumah, artinya anak akan tidak mudah cemas dalam menghadapi masalah-masalah yang timbul.

Peranan ibu sebagai suri tauladan bagi anak.

Dalam mendidik anak, seorang ibu harus mampu menjadi teladan bagi anak-anaknya. Mengingat bahwa perilaku orang tua, khususnya ibu, akan ditiru yang kemudian dijadikan panduan dalam perilaku anak, harus mampu menjadi teladan bagi mereka. Dalam hal ini yang harus diperhatikan oleh orang tua dalam mendidik anak adalah proses mendidik yang disesuaikan dengan tingkat kecerdasan anak itu sendiri. Kecerdasan anak yang berumur 0 - 5 tahun terbatas pada inderawinya saja, akal pikiran, dan perasaannya belum berfungsi secara maksimal.

Sejak anak lahir dari rahim seorang ibu, maka ibulah yang banyak mewarnai dan mempengaruhi perkembangan pribadi, perilaku anak yang baik tidak hanya melalui lisan tetapi juga dengan mendidik anak lewat tingkah laku. Dalam perkembangan anak, proses identifikasi sudah mulai bisa dilakukan ketika si anak berusia 3 - 5 tahun.

Peranan ibu sebagai pemberi motivasi bagi kelangsungan kehidupan anak.

Ini diperlukan dalam proses belajar, baik di sekolah maupun lembaga kursus seperti Kumon. Kesediaan ibu untuk berbicara dengan anaknya akan mengembangkan proses belajar anak dalam mengantarkan kelangsungan hidup anak yang cerdas serta sukses.

Dari uraian di atas, jelaslah kunci keberhasilan seorang anak dikehidupannya sangat bergantung peran ibu dalam memotivasi dan mendorong agar dapat mencapai cita-citanya. Sikap ibu yang penuh dengan kasih sayang, memberi kesempatan pada anak untuk memperkaya pengalaman, menerima, menghargai, dan menjadi teladan yang positif bagi anaknya, akan besar pengaruhnya terhadap perkembangan pribadi anak. Jadi dapat dikatakan bagaimana gambaran anak akan dirinya ditentukan oleh interaksi yang dilakukan ibu dengan anak.



Jika Anda menyukai Artikel di blog ini. Silahkan klik disini atau masukkan email anda pada kolom di bawah untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Mahogra Fauzan.

reader



Anda baru saja membaca artikel "Peranan Ibu". Bagi sobat yang mau copas harap Cantumkan http://mahografauzan.blogspot.com/2013/03/peranan-ibu.html sebagai Sumbernya, karena sebagai blogger yang baik tentu anda mengerti tata aturannya!
Hak Cipta di lindungi oleh Google, Copyscape, dan DMCA. Bagi siapapun yang copy paste tanpa mencantumkan SUMBERnya, akan saya laporkan ke DMCA Takedown.

Sekian Peranan Ibu dari http://mahografauzan.blogspot.com
Semoga Bermanfaat bagi anda dan jangan lupa untuk meninggalkan jejak berupa komentar ✉.
Terima Kasih ^_^

Post a Comment Blogger Disqus

 
Top